Coaching Pekan Komunikasi Universitas Indonesia

Melewatkan kesempatan berlomba bukanlah tipikal mahasiswa berprestasi di FIKOM UNPAD. Setiap tahunnya, berbagai universitas yang memegang jurusan berkaitan dengan komunikasi mengadakan lomba bertema komunikasi yang diperkenankan untuk diikuti berbagai universitas lainnya dengan kategori sama. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran mengadakan “Epicentrum” setiap tahunnya. Seperti “Epicentrum”, Universitas Indonesia juga mengadakan lomba “Pekan Komunikasi”. Departemen profil dari BEM FIKOM UNPAD memfasilitasi setiap mahasiswa/i FIKOM UNPAD yang minat berkompetisi dengan program kerja “Coaching Pekan Komunikasi Universitas Indonesia” yang diadakan bagi warga FIKOM sekalian.

 

Program terlaksana sejak Selasa, 6 Maret 2018 lalu, dilanjutkan keesokan Kamis hingga Jumatnya. Program ini diadakan dalam bentuk tiap-tiap kelas dengan masing-masing dosen pembimbing dari FIKOM UNPAD sendiri untuk lima mata lomba. Pada hari Selasa sendiri, terdapat sejumlah 3 kelas untuk 3 mata lomba yang diadakan dari jam 16.00 hingga 18.00 sore. Kegiatan yang dilakukan berupa bedah brief  mata lomba masing-masing, lalu konsultasi per tim untuk setiap gagasan yang mereka akan angkat. “Media Matters” dengan tema lomba “Making Sense of Post Truth Society” dimana sejumlah 24 mahasiswa/i. Kelas ini diadakan dengan Ms. Shava sebagai pemateri di ruang 2.2.3 FIKOM UNPAD. Pada kelas, setiap mahasiswa/i nya diberikan kesempatan untuk saling membagikan ide serta hambatan mereka terkait dengan mata lomba.

 

Ada “PRVaganza” dengan Bapak Syauqi Lukman sebagai pengisi materi. Tema yang dilombakan adalah “The Battle of Reputation”.  Kelasnya diadakan di ruang prodi humas di gedung 3 FIKOM UNPAD dengan isi kelas 9 orang. Materi berupa penyampaian strategi reputation management, dengan konsep post truth bagaiman caranya agar apa yang kita komunikasikan pada satu orang dapat sampai sesuai dengan apa yang kita harapkan.

 

Kelas lain yang diadakan Selasa lalu adalah “Creabo LDP TV” dengan kehadiran 14 mahasiswa/i serta Bapak Jimi Narotama M. sebagai pemateri. Lomba bertemakan “Beyond The Myths: Fact or Fiction” yang diadakan di ruang 2.2.4. Materi disampaikan melalui slide powerpoint mengenai membuat desain program tv yang dibuat dalam bentuk proposal. Salah satu mahasiswi memberikan feedback mengenai betapa bermanfaatnya kelas ini oleh karena materinya yang sangat perlu dipahami bagi mereka yang ingin membuat program tv.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *