Grasp Your Dream and Sezise Your Chance through FISCO 2018

Kesempatan, Impian, kesuksesan adalah tiga kata yang dapat menggambarkan suasana acara seminar beasiswa berupa talkshow dan stand lembaga beasiswa yang dikenal dengan nama FISCO 2018. Pada Oktober 2018 ini, FISCO hadir sebagai FIB X Fikom Scholarship Expo dimana kolaborasi antara Departemen Advokasi Pelayanan Mahasiswa BEM BIMA Fikom Unpad Kabinet Archipelago dengan Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM GAMA FIB Kabinet Anantara bekerja sama mewujudkan acara seminar dan beasiswa dengan Grasp Your Dream and Sezise Your Chance. Mengusung tema tersebut, FISCO mendorong mahasiswa untuk mau mencoba hal baru yang dapat berdampak besar nantinya.  Tujuan acara FISCO berfokus pada memfasilitasi mahasiswa Universitas Padjadjaran khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ilmu Budaya dalam informasi beasiswa. FISCO juga dikemas semenarik mungkin dengan mengundang Orkestra Angklung FIB dan Komunitas Musik Fikom

Pada 9 Oktober 2018 di Selasar Gedung Dua dan Aula Moestopo Fakultas Ilmu Komunikasi dilangsungkan FISCO. Pukul 13.00 WIB pembukaan yang menakjubkan dipersembahkan oleh komunitas Orkestra Angklung FIB bertempat di Aula Moestopo. Pembukaan yang hangat dalam acara ini menarik perhatian para peserta. Peserta yang mengikuti seminar beasiswa ini diperkirakan berjumlah 200 orang dan untuk mengikuti acara FISCO tidak dipungut biaya bahkan mendapatkan Seminar KIT, Snack, dan juga Sertifikat.

Bertempat di aula Moestopo Fakultas Ilmu Komunikasi, seminar FISCO mengundang tiga pembicara yaitu Luh Manik Sinta Nareswari sebagai penerima beasiswa DAAD ke Cologne, Jerman. Kedua, Nenden Maryani sebagai Penerima beasiswa LPDP ke Moskow Rusia. Ketiga, Shendy Vegaziandra Arsandy sebagai penerima beasiswa KSE. Materi yang diberikan oleh ketiga pembicara dilaksanakan hingga pukul 17.00.

Sementara itu, di Selasar Gedung Dua Fakultas Ilmu Komunikasi dilangsungkan 7 stand lembaga beasiswa yang terdiri dari lembaga beasiswa ETOS, Unpad Berbagi, KSE, BRI, Rumah Kepemimpinan, Kader Surau dan Bakti Nusa. Stand dibuka pada pukul 15.00 dan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa yang ingin mencari informasi lebih dalam mengenai beasiswa.

Suasana seminar di Aula Moestopo dan Selasar Gedung Dua sangat interaktif. Bagaimana tidak, peserta FISCO dengan aktif dan antusias melontarkan berbagai pertanyaan yang menambah informasi mereka. Ditambah,  Penjaga stand dari 7 lembaga beasiswa cukup ramai dikunjungi mahasiswa. Tak jarang, mahasiswa yang berlalu lalang mengunjungi sebentar untuk bertanya. Panita FISCO juga mengerahkan seluruh tenaganya untuk mengajak mahasiswa sekitaran Fikom untuk mengunjungi stand. Alhasil,itu menjadi perhatian dan beberapa mahasiswa yang berada di sekitar Fikom penasaran dan mengunjungi dan bertanya sedikit ke stand lembaga beasiswa.

Tepat pukul 17.00 seminar beasiswa selesai dan ditutup manis oleh penampilan Komunitas Musik Fikom. Kemudian peserta diarahkan untuk mengunjungi ketujuh stand beasiswa di selasar Gedung Dua. Sekitar 200 orang memadati selasar gedung dua. Ada yang bertanya, ada yang melihat-lihat, dan lain sebagainya. Tidak terasa, pukul 18.00 acara FISCO selesai seluruh peserta puas dengan apa yang didapatkannya terlebih peserta memiliki gambaran yang lebih jelas untuk mencoba beasiswa. Satu persatu peserta meninggalkan selasar gedung dua. Beberapa panitia Fisco membereskan peralatan acara. Itulah akhir dari acara FISCO.

Sebuah acara yang memang bertemakan akademik, tapi melalui FISCO acara akademik tersebut berkembang lebih dinamis serta interaktif. Pada akhirnya, FISCO merupakan acara yang mendorong mahasiswa untuk jangan pernah takut mencoba. Semua orang memiliki kesempatan yang sama, semua orang memiliki impian yang besar, dan semua orang memiliki kesempatan dan impian untuk menggapai kesuksesan. (apm/archipelago)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *