LDKO Manajemen Produksi Media

LDKO MPM (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi Manajemen Produksi
Media), merupakan program kerja divisi kaderisasi yang bertujuan mempersiapkan
mahasiswa Manajemen Produksi Media membentuk Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan
membekali dengan ilmu kepemimpinan. LDKO ini dilaksanakan Pada hari Jumat-Minggu, 28
s.d 30 April 2017. Acaranya sendiri berbentuk sebuah rangkaian yang dibagi menjadi dua
bagian rangkaian, yaitu Seminar Keprofesian yang dilaksanakan Pada hari Jumat, 28 April
2017 dan kegiatan outing yang dilaksanakan Pada hari Sabtu – Minggu, 28 – 29 April 2017.

Rangkaian kegiatan pertama adalah Seminar Keprofesian. Seminar ini diadakan di
Aula Student Center Fikom Unpad, dimulai pada jam 8:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB.
Seminar ini diadakan guna membekali mahasiswa Manajemen Produksi Media tentang
profesi-profesi yang akan digeluti kelak. Tak hanya membahas keprofesian dalam seminar ini
membahas pula keadaan industri media pada saat ini dan proses produksi pada industri
media. Oleh karenanya, kami mengundang narasumber yang sudah cukup berpengalaman
menggeluti dunia media utamanya industry media televise. Narasumber yang kami hadirkan
adalah R.Fajar Zulfachmi dan Yogie Gandanaya selaku video journalist dari NET TV.
Mereka juga merupakan lulusan Fikom Unpad D3 Broadcasting. Dalam seminar ini
narasumber memberikan dan menyampaikan materi dengan sanagat menarik sehingga
membangun antusias dan keaktifan mahasiswa untuk memperhatikan dan bertanya seputar
industri media.

Keesokan harinya, Kegiatan outing diakukan yang bertempat di area Fikom Unpad.
Kegiatan outing ini berisi beberapa kegiatan yang tentunya masih memiliki esensi dan tujuan
yang ingin dicapai. Pada pukul 08.00 WIB, Mahasiswa Manajemen Produksi Media
berkumpul di lapangan Plaza Fikom untuk mendengarkan kata sambutan dan melakukan
perjanjian antara panitia dan peserta. Lalu, mereka dibagi kedalam beberapa kelompok dan
dipersilahkan untuk menampilkan yel-yel dan ikon yang telah dibuat. Dilanjut dengan
beberapa permainan untuk meningkatkan antusias dan kekompakan mereka, permainan ini
dilakukan hingga menjelang Dzuhur.

Setelah mereka bersenang-senang mereka kami ajak untuk bertukar pikiran,
mengeluarkan pendapat dan melakukan riset/survey kecil dalam kegiatan FGD (Focus Group
Discussion). Pada FGD ini tema yang diangkat adalah Isu sensor dan kebebasan berekspresi
pada media. Mahasiswa diuji dalam etika berdiskusi, berpikir kritis dan mengembangkan ide mereka. Kemudian, hasil dari diskusi tersebut dipresentasikan didepan seluruh mahasiswa
Manajemen Produksi Media dan juri.
Untuk mencairkan suasana kami melakukan Ice Breaking berupa game yang diberi
nama pesan berantai. Lalu, kegiatan disambung dengan talkshow mengenai kepemimpinan
dan keorganisasian yang diisi oleh M.Ridho sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa
Manajemen Komunikasi, 2016. Pada talkshow ini mahasiswa Manajemen Produksi Media
diberi kesempatan luas untuk bertanya seputar kepemimpinan dan keorganisasian sebagai
bekal mempersiapkan HIMA MPM nantinya.

Tak hanya membekali mereka dengan beragam materi kami menguji pengetahuan dan
pemahaman mereka terhadap materi-materi yang sudah disampaikan selama rangkaian
kegiatan. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan kepada Mahasiswa Manajemen
Produksi untuk membuat Desain Program TV berdasarka materi yang telah disampaikan.
Mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan merundingkan program TV yang akan
dibuat bersama. Setelah itu, kami memberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikan
hasilnya dihadapan juri dan melakukan sesi tanya-jawab. Hal ini sekaligus melengkapi
pembekalan dalam keprofesian, mahasiswa tidak hanya paham tapi mampu
mengaplikasikannya sehingga gambaran dalam keprofesiannya akan lebih nyata.

Setelah mahasiswa beristirahat kami melanjutkan kegiatan terakhir yaitu Pos-to- Pos
dan Api unggun. Dalam kegiatan Pos-to- Pos kami membuat empat pos yang berisi beberapa
materi. Pos pertama yaitu Pos Keorganisasian yang diisi oleh anggota BEM Fikom
Unpad.Pos kedua yaitu Pos Kerjasama, setiap kelompok akan melakukan permainan
mengangkat bola dengan banyak tali dalam pos ini mereka diuji dalam teamwork atau
kerjasama antar anggota. Ketiga adalan Pos Kepercayaan, setiap kelompok akan meminta
satu orang diatara mereka menutup mata dan melewati labirin yang telah dipersiapkan.
Anggota kelompok harus mampu memberikan pengarahan kepada temannya agar dapat
sampai ke garis akhir, dalam pos ini dibutuhkan rasa kepercayaan yang tinggi kepada anggota
kelompoknya.Terakhir adalah pos birokrasi, setiap kelompok diberikan 3 tugas yaitu
membuat surat, membuat organigram dan melakukan drama kecil menghadapi pimpinan
Program Studi. Pos ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam melakukan birokrasi
yang baik sehingga dapat diterapkan dalam membentuk HIMA nantinya.

Tibalah diakhir rangkaian yaitu Api Unggun. Setelah melewati beberapa kegiatan dan
ujian kekompokan dan rasa memiliki Mahasiswa Manajemen Produksi Media. Kami membawa mereka satu persatu ke Lapangan Futsal Fikom dengan menutup mata mereka.
Mahasiswa saling bergandengan tangan dan melingkari Api Unggun sebagai puncak sahnya
dan berakhirnya rangkaian ini dan Mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Media
telah siap membangun HIMA dan Keluarga Manajemen Produksi Media.

Harapannya dengan diadakannya kegiatan LDKO ini Mahasiswa Manajemen
Produksi Media dapat mendapat pengetahuan dan pengalaman seputar kepemimpinan,
keprofesian, keorganisasian dan membentuk keluarga Mahasiswa Manajemen Produksi
Media yang solid. Layaknya slogan yang selalu mereka teriakan “ SOLID, SOLID,
BANGUN! “.